Monday, March 26, 2012

Yah, demi Koleksi..


Akhir-akhir ini saya kalap. Kalap beli buku lebih tepatnya.

Diawali dengan penemuan sebuah situs yang memberikan pelayanan online dalam belanja buku. Saya yang waktu itu pengen banget beli The Hunger Games trilogy langsung mendapatkan pencerahan gara-gara belanja online membuahkan diskon. Yak, saya desperate cari diskonan di sini. Secara saya orangnya males jalan-jalan jauh hanya demi cari diskonan buku yang entah carinya di mana. Apalagi kalau beli buku di toko buku terdekat nggak pernah bisa dapet diskon. Karena itulah, penawaran pembelian buku secara online ini benar-benar menggiurkan.

Tapi, beberapa hari yang lalu, saya mendapatkan 'cobaan' dalam membeli buku. Saya beli 'The Power of Six'. Karena saya memang lagi buru-buru saat itu, saya nggak nyari sendiri tapi minta dicariin sama CS di toko bukunya. Lagian saya juga nggak nemu buku itu di bagian yang sama dengan 'I Am Number Four', buku pertamanya. Akhirnya, dicarikanlah bukunya oleh mbak CS. Pas ketemu, buku itu langsung saya bawa ke kasir dan saya bayar.
Buku saya buka pas nyampe di kos. Tapi karena ada agenda lain di hari itu, saya nggak sempet ngecek lagi. Baru hari berikutnya, pas saya sudah menamatkan The Hunger Games sama Catching Fire dan memutuskan untuk membaca 'The Power of Six', saya baru sadar halamannya banyak yang salah. SALAH!!! >.<
Jadi, di buku The Power of Six ini, di bagian belakangnya ada bonus buku ke satu-setengahnya (sebelum buku ke-2 kan buku ke-1,5 :p), The Lost Files, yang halamannya kembali lagi dari halaman 1. Dan halaman 17-32 yang ada di bagian depan ternyata malah dipasangi halaman 17-32 dari bagian belakangnya. Saya langsung senewen di tengah malam itu, sampai-sampai saya langsung kirim complain ke penerbitnya. Sebel sih.. :(
Dan akhirnya, setelah bertanya kepada salah seorang teman, saya memutuskan untuk meminta ganti ke toko bukunya aja (daripada ngirim ke penerbit yang kebanyakan regulasi masalah beginian itu).

Dengan penuh tekad, saya ke toko buku yang dimaksud. Merasa was-was bisa diganti apa nggak. Untungnya, saya ketemu dengan bapak-bapak CS yang baik (kayaknya atasannya Mbak-mbak CS yang sebelumnya melayani saya), yang mendengarkan dengan seksama keluhan saya dan akhirnya ketika saya minta ganti, dia langsung mengijinkan. Bahkan saya malah dikira mau ganti buku lain yang bukan itu (Bapaknya kan nggak tau saya sudah pernah baca versi aslinya dan tujuan membelinya bukan cuma untuk dibaca, tapi dikoleksi). Setelah dicarikan buku yang sama, bapaknya mulai ngecek halamannya. Bener. Ya udah, langsung saya bawa sambil mengucapkan terima kasih.

Ini memang pertama kalinya saya dapet buku cacat yang sangat fatal. Bayangin aja, lagi asyik-asyik baca, tau-tau di halaman berikutnya kata-katanya udah nggak nyambung. Oh, please. Sangat sangat sangat tidak menyenangkan. Mengganggu kekhidmatan. Semoga besok-besok buku yang saya beli selalu beres. Amin.


Beberapa buku yang akhir-akhir ini bikin saya kalap

Ngomong-ngomong, ada yang bilang saya kurang kerjaan beli buku-buku yang udah pernah saya baca sebelumnya. See, saya lebih sering cari versi aslinya dulu. Baru kalau bagus, saya beli bukunya. Sebenernya, alasan utama saya adalah, terkadang karena saya terlalu update, saya udah hampir lupa ceritanya pas buku selanjutnya mau terbit. Jadi mau nggak mau harus baca lagi. Tapi, ngulang baca e-book itu = penyiksaan tinggi karena ketidaknyamanan mata. Maka, demi kenyamanan membaca dan menghargai pengarangnya (:p), saya usahakan beli yang asli juga (note: untuk buku yang bener-bener bagus tapi :p). Dan karena beli buku yang versi b.inggris = kantong kering, maka pilihan ke dua adalah beli buku terjemahan. Walaupun terkadang lucu baca terjemahannya.. -____-"

Well, dan akhirnya koleksi buku saya di kos sudah semakin banyak. Merasa mulai bingung kalau pulang nanti bawanya gimana.. :(

Ngomong-ngomong, saya masih belum order Mockingjay (buku ke-3 dari 'The Hunger Games' trilogy) gara-gara stoknya habis waktu itu. Jadi, next target: Mockingjay, dan buku dari penerbit yang sama minimal satu! (sayang ongkos kirimnya)

Here I Am. A bookworm, dan lebih memilih ngirit (for now) demi buku daripada jajan. Hmm..

4 comments:

  1. Setuju Kholiiis..!
    Ebook mah demi memenuhi rasa penasaran semata.
    Tapi kalo untuk baca ulang, mendingan buku aslinya... *kasian mata semakin buram gara2 kebanyakan baca jurnal digital*

    Btw itu Ring of Solomon yaaa..? Huwaa mauuu....

    ReplyDelete
  2. Iya, kasihan matanya semakin rabun.. wkwkwk

    He'em. Pas di bandara nyantol di Periplus, beli deh Ring of Solomon-nya.. :p
    Temenku nyari di Periplus Jogja belum ada lho. Padahal di sini bertumpuk-tumpuk. Ha!

    ReplyDelete
  3. Ahh.. Ada The Hunger Games.. Aku penggemar beratnya nih hehe :D

    ReplyDelete
  4. Halooooo yang sama-sama suka Hunger Games..!! :)

    ReplyDelete