Sunday, March 27, 2011

Bukan.. Ini bukan Regresi..

Akhir-akhir ini saya masih lumayan sering meneruskan hobi membaca buku-buku karya pengarang favorit saya dulu, R. L. Stine. Yep! Saya memang lagi hobi baca (kembali) Goosebumps dan Fear Street. Dikarenakan saya nggak punya bukunya (maklum, dulu kan hobinya nyewa ato pinjem temen), maka yang sekarang saya lakukan adalah mencoba download e-booknya.. Yeiy!! Bernostalgia sambil mengisi waktu yang banyak sekali lowong karena secara teknis sudah jadi pengangguran (eh, nggak ding, profesi saya kan jobseeker? ahaha). Intinya, saya mulai banyak-banyak hunting donlotan buku R. L. Stine gratis. Tapi sayangnya, sumbernya terlalu sedikit. Dan saya nggak panen banyak. Padahal kan seri Fear Street sama Goosebumps banyak banget ya.. *pouts*

Dibandingkan dengan masa lalu (wkkkkk), saya merasa nggak bernyawa baca buku-buku ini. Tidak bernyawa bukan berarti tidak menikmati. Justru ketidakbernyawaan itu sangat saya nikmati. Dulu waktu baca, cukup ada perasaan tense yang keluar (maklum, masih sangat muda), apalagi Fear Street Saga. Sekarang, saya baca lagi, rasanya sangat biasa, bahkan ceritanya gampang banget ketebak. Tapi.. justru itulah seninya. Saya merasa sedang refreshing. Cerita yang mudah ketebak ini malah kadang-kadang terdengar konyol, nggak masuk akal. Yah.. namanya juga buku anak-anak. Tapi kok saya nggak nemu Fear Street Saga gratisan di internet ya?? Padahal di antara semua seri Fear Street, Saga yang paling saya suka. Lebih horor gitu. L

Terkadang saya merasa aneh, kenapa ya saya suka baca buku petualangan anak-anak sampai sekarang? Bahkan ada beberapa yang saya beli. Ketika teman-teman saya beli chicklit, novel berat, bahkan buku non-fiksi ataupun yang isinya sangat-sangat filsafat banget, saya justru suka sekali baca buku petualangan anak-anak. Saya dulu sempat-sempatnya beli buku How To Train Your Dragon (karangan Cressida Cowell) gara-gara jatuh cinta sama filmnya. Denger kalo ceritanya beda, saya penasaran setengah mati seperti apa ceritanya. Sampai di toko buku, ternyata ada, dan tanpa pikir panjang langsung saya beli. Setelah dibaca, hmmm... saya merasa jadi anak SD (huhuhu). Bukunya bagus, tapi sangat sederhana. Saya jadi mikir, "ini buku harus saya simpen sebaik-baiknya, untuk dilungsurkan pada anak saya nanti".
Meski sekarang pas beli buku hampir selalu dipikir dulu, saya masih suka hunting buku petualangan (anak-anak) via online (baca: gratisan). Katakanlah Percy Jackson. Di salah satu toko buku impor, saya menemukan buku itu dikategorikan di area 'children'. Hmm.. padahal saya suka banget sama Percy Jackson Series. Ngumpulin dari buku 1 sampai 5, plus companion book-nya, bahkan versi audio book-nya sering saya dengarkan sebelum tidur. Rasanya kayak didongengin. Believe it or not, it helps me to fall asleep. D

Basically, saya merasa buku-buku ringan ini membantu menjernihkan pikiran yang sudah sangat penat. Terkadang di tengah membaca, akan ada suara tawa yang terselip. Tapi yang penting adalah prinsip 'membaca buku menambah ilmu'. Nggak peduli se-nggakpenting apapun bukunya, pasti akan selalu ada hal baru yang saya dipelajari. Entah tersembunyi atau terang-terangan. Entah fakta atau pemahaman.

Pesan moral dari sini: banyak-banyaklah baca buku!! *serasa jadi duta membaca*

FYI, saya masih sangat heran sama orang yang nggak suka baca buku. Bahkan ada teman saya yang liat buku tebel aja udah alergi. Oh! Oh!
Tapi semua itu kan pilihan ya? Kalo saya sih suka... J

4 comments:

  1. Saya sebel kalo baca buku RL Stine. Serem dan endingnya gantung! Ciiih...

    Kalo yang lainnya, buku2 Enid Blyton, buku2 petualangan, dll, saya juga suka banget Kholiiis... :-)

    ReplyDelete
  2. Iya Tantiiii...
    Aku juga suka Enid Blyton.. Punya?? Mauuuu.. >.<

    ReplyDelete
  3. saya barusan nemu Fear Street Saga bekas di OLX! yeah! langsung bayarin ajah. buku langka sih. nyari ebook englishnya di internet juga susah. lha ini saya dapat dengan harga plus ongkir empatpuluhribuuhh... keren ga tuh..haha
    dulu nya Fear Street Saga ini ga bikin saya tertarik sama sekali karena ngeliat covernya. kok cerita nya kayak serius gitu. padahal waktu remaja saya masih demam Goosebump. eh, pas baca sekali langsung ketagihan. padahal cuma buku pertama yang berjudul Betrayal-Pengkhianatan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaahh.. Jadi pengen cari-cari juga. Dapet berapa buku itu 40ribu? Mantep! :3
      Selamat bernostalgia! Kayaknya mau mulai baca-baca Fear Street lagi nih jadinya..

      Delete