Monday, March 17, 2014

Avril Lavigne on Tour: A Short Experience


Jadi, beberapa hari yang lalu kebetulan saya nonton konser cewek imut dan cantik ini. I know, I was too lazy to write it immediately, dan baru sekarang sempat menuliskan kesan-kesannya. Hopefully my memory’s not playing tricks on me dan semua yang saya ceritakan akurat. Well, at least sesuai versi saya.
Okay, here we go

Jadi, saya ceritakan dulu kondisi saya di minggu itu. Basically, kerjaan saya cukup menggila. Dari hari Senin sampai Kamis saya sebenarnya menangani proyek di luar kantor yang cukup hectic dan melelahkan. Tapi beruntung saya bisa ambil cuti di tanggal 12-nya (hari Rabu) karena kalau enggak saya nggak mungkin bisa ijin pulang lebih awal biar bisa ngurusin penukaran tiket dan sebagainya. Oh iya, FYI, saya nonton konser dengan satu teman baik saya sejak SMA. Beruntung waktu saya mau beli tiket, dia mau diracuni untuk ikutan. Syaratnya, yah.. saya yang harus ngurusin semuanya karena konsernya weekdays dan dia nggak mungkin merelakan tugasnya di kantor untuk ngurusin beginian. Saya sanggupi deh. Dan akhirnya, datanglah hari H.

Pagi itu, saya bangun dengan badan yang rasanya nggak karuan. Malam sebelumnya sebenarnya saya sudah merasa sedikit meriang. Tapi saya cuma minum obat herbal yang biasa saya minum kalau masuk angin dan berharap rasa nggak enak itu segera pergi setelah saya tidur. Tapi tidak saudara-saudara, badan saya malah semakin nggak karuan paginya. Tangan udah gemetaran, padahal perasaan juga udah lama banget nggak ngerasain begitu. Akhirnya segala cara saya lakukan untuk mencegah kondisi badan semakin parah. Kan nggak asik banget ya, udah cuti, niatnya mau seneng-seneng nonton konser, malah sakit.
Tapi ternyata, setelah mandi dan mau berangkat, saya rasanya malah mau pingsan. Saya udah mencoba BBM dan menghubungi temen saya, ngabarin kalau badan saya nggak karuan dan nggak jelas bisa melanjutkan rencana atau enggak, tapi nggak diangkat. BBM saya pun nggak sampe. Tambah panik. Mana taksi waktu itu udah mau datang dan sudah mendekati jam 3. Akhirnya saya paksakan untuk siap-siap sambil terus berdoa dan balsam-an. Yap, saya balsemin itu semua badan biar anget. Nggak peduli orang bakal nyium bau balsem kalo saya lewat. Yang penting badan saya oke-oke aja. Akhirnya, taksi datang, dan saya meluncur ke venue.

Sampai di venue, yang nggak jauh-jauh banget dari kosan saya, langsung saya ke booth penukaran tiket. Karena saya waktu itu beli kelas VIP Festival, saya dapat poster sama light stick. Lumayan lah. Tapi bodohnya, saya nggak bawa karet buat posternya karena akhirnya itu poster malah menyulitkan saya ngapa-ngapain. Akhirnya saya hubungi teman saya minta dia bawain karet gelang.
Rencana awalnya, saya sebenarnya mau datang lebih pagi supaya saya bisa ngantri. Tau sendiri kan kalau konser masuknya rebutan. Meskipun saya sudah pegang kelas VIP, yang saya bingung adalah, kenapa yang beli VIP banyak banget? Ini sih sama aja bo’ong VIP-nya. Teman saya baru bisa meluncur ke venue setelah jam pulang kerja. Tapi jujur waktu itu saya nggak kuat kalau harus antri langsung, mana berdiri pula. Saya takut pingsan. Itu lebih eww. Akhirnya saya cuma duduk-duduk aja gitu sambil chatting-an sama temen saya itu dan satu teman lain yang cukup bisa mengalihkan perhatian dari badan yang nggak enak. Saya juga sempat jalan ke food area buat beli satu slice pizza yang harganya 10 ribu (astaga!) dan satu bucket fries seharga 25 ribu (ya ampun, ini namanya perampokan -_- ) demi perut dan badan supaya bisa bertahan sampai malam. Diputuskan kami mau ngantri bareng pas teman saya udah datang. Pokoknya nggak usah “ngaya” katanya. Okelah.

Nah, karena gate-nya dibuka jam 6, otomatis saya berharap sebelum jam 6 temen saya udah dateng ya.. Tapi, saya mulai panik karena dia bilang jalanan begitu macet (iya sih, namanya juga jam pulang kantor), dan waktu sudah menunjukkan jam setengah 6. Area sekitar juga sudah mulai crowded. Sudah banyak banget yang antri dan saya jadi semakin panik. Yah, mungkin karena waktu konser sebelumnya saya sudah antri dari pagi demi mematenkan posisi di depan sendiri. Entah deh kali ini saya dapat baris ke berapa. Harapan saya sih setidaknya masih di tengah. Meskipun memang secara keseluruhan antusiasme penonton konser yang ini masih kalah dibandingkan konser yang satunya. Jauh malah..
Dan akhirnya jam 6 kurang seperempat teman saya datang. Langsung kami lari ke arah antrian VIP. Dan ya ampun.. panjangnya.. -____-“

Oh iya, satu hal yang jadi perhatian saya di sini, saya nggak terlalu puas dengan kinerja promotor. Entah kenapa, banyak hal-hal kecil yang mengganjal dan membuat saya eneg setengah mati. Misalnya, keterlambatan pembukaan gate. Katanya gate dibuka jam 6, tapi jam 6 lewat lama baru dibuka. Belum masuknya juga lama banget. Ke dua, mereka terlalu banyak bikin aturan-aturan yang pada akhirnya tidak dilaksanakan sendiri oleh mereka. Misalnya nih ya, beberapa hari sebelum hari H, mereka bikin pengumuman kalau pas konser nggak boleh pakai tas punggung dan hanya boleh pakai tas slempang. Okelah, tapi malam sebelum hari-H, direvisi lagi pengumumannya kalau tas selempangnya hanya boleh sepanjang 30 cm maksimal. WTH. Kenapa juga harus dadakan begini? Oke, saya masih bisa terima. Termasuk aturan tidak boleh membawa kamera dan mereka sudah sangat getol menyuarakan aturan-aturan ini di twitter. Tapi faktanya? Pas masuk venue, boro-boro dilakukan body check sesuai aturan yang mereka tulis, tas saya aja nggak dicek. Sungguh saya muak sama ketidakkonsistenan aturan seperti itu. Helloo.. kalo niat mau bikin aturan dipraktekkin atuh, jangan cuma buat pajangan.. *annoyed*
Oke. Mungkin ada yang merasa saya lebay dsbg. But hey, the last time I attended a concert, the promoter’s so good! Dibandingkan sama yang ini, jauuuuuh banget. Saya nggak tau apakah salah satu penyebabnya karena promotor yang satunya kemarin promotor asing (yang kebetulan ada cabangnya di sini jadi pelaksanaan dan aturannya juga strict), but yeah, it made me enjoy the whole show. A lot! Nanti akan saya jabarkan bedanya apa. Now, moving on to the show..


Setelah masuk ke venue (tanpa dicek apa-apanya itu), saya dan teman saya ternyata cuma bisa mendapatkan spot di tengah. Lumayan lah, batin saya waktu itu. Setidaknya saya masih bisa liat panggung dengan cukup jelas, dan Avril mungkin akan kelihatan cukup jelas. Akhirnya, sambil menunggu, kami ndeprok di lantai dan ngobrol. Sambil nunggu jam 8.
Menjelang jam 8 malam, beberapa anggota band sudah keluar dan melakukan sound check. Penonton tiba-tiba heboh dan semuanya langsung berdiri terus lari berebut spot yang lebih depan. Saya sama teman saya kaget tapi akhirnya terbawa arus. Akhirnya semua orang sudah heboh dan mulai memanggil-manggil nama Avril. Saya juga cukup enjoy mengamati mas-mas band-nya yang mempersiapkan peralatan. Ada satu gitaris yang manis sekali. Saya nggak tau namanya siapa, yang jelas saya ngeliatin masnya terus sambil nunggu.. :p

Oke. Karena memori saya sudah mulai bermasalah dengan runtutan kejadian selama konser, saya cuma mau nulisin intinya aja.
  • Posisi saya di tengah. Lumayan lah bisa keliatan cukup jelas panggungnya. Dan karena teman saya lebih pendek dari saya, dia yang di depan saya. Masalahnya, banyak juga mas-mas berbadan tinggi yang ada di depan kami dan (sepertinya) tidak mau mengalah. Beberapa penonton sempat protes sama mereka tapi siapa sih yang mau menggubris di saat-saat begini? Bahkan sebelah saya pun ada mbak-mbak mungil yang saya yakin nggak bisa ngeliat panggung sama sekali. Di poin ini, saya benar-benar mempertimbangkan mengambil tribune. Lebih keliatan kali. Yah, next concert mungkin..

  • Waktu Avril keluar, semua penonton heboh. Jelas ya.. Saya juga ikutan heboh sih. Saya ikut teriak dan jerit-jerit. Nggak papa lah, mumpung suasananya pas. Kapan lagi saya bisa bebas jerat-jerit? #eh

  • Waktu pertama keluar, Avril tampak mengenakan atribut Hello Kitty. Pas sih sama lagu pertama yang judulnya juga Hello Kitty. Dia pake bando pita gedhe warna pink, blazer yang ada nuansa pink-nya juga, sama rok yang ada ornament kepala hello kitty-nya juga. Girly abis lah pokoknya.

  • Menjelang lagu kedua, Girlfriend, Avril mencopot semua atribut Hello Kitty. Dan yang tersisa adalah tank top hitam sama celana kulit. Pretty cool! Dan satu lagi, bagian kiri kepalanya kembali di shave. Sama rambutnya sudah kembali bernuansa pink setelah sebelumnya lebih cenderung blonde.

  • Suaranya bagus lho.. Cukup jernih untuk live. Tapi memang  kalau saya liat live performance-nya beberapa tahun terakhir, suaranya tambah bagus sih untuk live. Jadi ya nggak heran juga. Meskipun di beberapa lagu agak sedikit tenggelam sama instrumennya. But overall, she’s great! J

  • Di sebelah saya, ada sosok mas-mas yang menurut saya heboh banget. Sepanjang lagu, dia terus nyanyi-nyanyi (saya juga nyanyi-nyanyi terus sih). Tapi mas ini entah kenapa keliatan gimanaaa gitu. Di beberapa lagu, dia tetep keukeuh nyanyi-nyanyi meskipun dia nggak apal liriknya. Dan melihat saya heboh, dia juga sering ngelirik ke arah saya, seakan mastiin apa yang dia nyanyiin bener. Dia juga beberapa kali tanya ke saya ini lagu apa, kalau pas dia nggak tau lagu yang dimainin lagu apa. Sumpah saya berasa fans fanatik di konser itu (meskipun sebenarnya enggak). Dan sepanjang konser, dia selalu ngetwit! Mungkin semacam live report kali ya.. Ada deh setiap lagu dia ngetwit dua atau tiga kali. Saya sih ngerasa aneh aja.. XD

  • Saya harus bilang saya merasa berada di crowd yang salah. Well, don’t get me wrong. Sekitar saya cukup antusias dengan konsernya. Mereka cukup banyak yang nyanyi-nyanyi, terutama di lagu-lagu yang populer. Tapi sebagian besar terlihat kalem dan biasa aja gitu. Saya termasuk orang yang heboh sendiri. Saya akui nggak semua lagu baru di album Avril saya hafal. Misalnya, saya nggak terlalu suka Hello Kitty. Jadi pas lagu ini, saya cuma ngangguk-angguk sambil nyanyi bagian yang saya bisa aja. Atau pas Bad Girl, saya nggak hafal sama sekali. Tapi saya bisa enjoy dengan headbang sepanjang lagu (karena menurut saya musiknya pas sekali buat headbang). Dan sekitar saya banyak yang mliriki saya seolah-olah saya ini alien. Well, that’s my way of enjoying a concert dude.. Saya sih cuek aja.. :p

  • Di lagu Don’t Tell Me, Avril sempat bikin introduction, bilang kalo lagu ini dia tulis sama sahabatnya. Dan tiba-tiba foto Evan Taubenfeld nongol di layar besar. Saya dan banyak fans lainnya jerit-jerit, karena saya suka Evan dari dulu. Nggak nyangka aja namanya bakalan disebut-sebut setelah dia bukan bagian dari band-nya lagi. Tiba-tiba, mas heboh yang disebelah saya tadi bilang ke saya, “Ini Eric kan?”. Saya bingung, dalam hati mempertanyakan ini orang ngomong apa. Saya bilang ke dia, “Bukan. Ini Evan. Evan Taubenfeld.” Dan dia mengangguk, sambil ngetwit info yang saya bilang barusan. Oke, saya cuma bisa ngakak dalam hati.. XD

  • Beberapa kali Avril nggodain penonton. Di lagu He Wasn’t, dia sempet ngangkat tangannya beberapa kali, minta penonton teriak-teriak. Semakin ke atas tangannya semakin keras. Tapi habis itu dia bakalan nurunin tangannya dan musik terdengar semakin pelan, meminta kita untuk diam juga. Begitu terus-terusan, sampai saya rasanya capek dan bingung. Beberapa orang di sebelah saya bilang Avril lagi ngelawak. But it was fun. Dan kita juga asik-asik aja sih “digodain” begitu.

  • Di lagu Hush Hush, saya satu-satunya orang yang ada di area itu yang nyanyinya paling keras dari awal sampai akhir. Di titik ini, saya semakin sadar saya berada di kerumunan yang salah. Ini memang lagu baru sih. Tapi saya suka banget sama lagu ini, jadi udah hafal di luar kepala.

  • Nggak ada Chad Kroeger! Saya sempat berharap Chad bakalan ikutan konser ini. Karena di beberapa report yang saya baca sebelumnya, Chad sempat duet dengan Avril nyanyiin Let Me Go. But well, I guess we didn’t get the privilege. He wasn’t there. Jadi lagunya bukan lagu duet deh di konser ini. Huhu. Padahal kan suaranya Chad keren banget..

  • Lagu terakhir adalah I’m with You. And boy, everybody sang.. Suara koornya menggema sampai sudut stadium dan bikin saya merinding. Ini juga jadi lagu dengan bridge terpanjang. Berkali-kali Avril meminta penonton menyanyikan bridge-nya terus-terusan, over and over again.

  • Saya sudah bilang kan kalau saya naksir sama salah satu gitarisnya? XD He’s so cute! Tapi sayang saya nggak nangkep namanya waktu dikenalin sama Avril. Jeritan penonton mengalahkan suaranya.

  • Daaaaaan.. satu hal yang membuat saya dongkol sepanjang konser adalah, semua orang seakan berlomba-lomba untuk mengambil foto dan merekam. I mean, THE WHOLE TIME! Damn. Saya nggak habis pikir sama orang-orang ini. Sekali-dua kali foto oke lah. Tapi sepanjang konser? Geez! Nggak ada sedetik pun saya nggak liat tangan di udara sambil memegang kamera atau HP. Ini salah satu hal kontradiktif yang saya rasakan dari aturan yang dibuat. See? Pada akhirnya aturannya jebol. Dan ujung-ujungnya saya tidak menikmati. Saya jadi kangen konser OOR dimana semua security strict melarang kamera dan bakal langsung menggiring si perekam keluar venue.

Full Setlist:

Hello Kitty
Girlfriend
Rock N Roll
Here’s to Never Growing Up
I Always Get What I Want
Hush Hush
Let Me Go
My Happy Ending
Don’t Tell Me
Complicated
Bad Girl
He Wasn’t
Losing Grip
Sk8er Boi
What the Hell
Smile
I’m with You

And that’s what happened. Setelah konser selesai suara saya langsung serak, hampir hilang, gara-gara terlalu banyak jejeritan. But hey, it was fun! Dan badan saya juga herannya malah nggak papa. Meskipun bisa dikatakan konser ini jauh tidak melelahkan dibandingkan konser pertama saya sebelumnya, saya cukup puas. Cuma ya itu, tangan dan kamera di mana-mana itu membuat kekhusyukan nonton jadi terganggu. Dan sepanjang konser saya juga nggak ngambil gambar satu pun. Menyesal kah? Enggak juga sih. Saya punya value dan prinsip sendiri dalam menikmati konser. Mungkin buat sebagian orang aneh. Tapi saya justru merasa aneh jika harus menghabiskan waktu satu setengah jam itu struggling dengan kamera dan tidak menikmati lagu dan musiknya sepenuh hati. Saya lebih pengen mengenang semuanya di kepala. Kalau mau gambarnya, kan bisa gugling dan mendapatkan hasil jepretan yang lebih bagus dari fotografer profesional?
Yang jelas, saya juga berharap promoter-promoter di Indonesia bisa lebih baik lagi, terutama dalam menjalankan peraturannya. Kan malu menjilat ludah sendiri. Overall, this promoter is not my favorite. Berharap jika suatu saat band yang saya tunggu kedatangannya ke sini beneran dateng, promoter yang dipakai adalah yang keren seperti yang kemarin. *fingers crossed*

Setelah selesai, saya dan teman saya langsung menuju keluar gedung untuk cari taksi pulang. Kami harus jalan menyusuri pinggir jalan dulu biar dapat taksi, mengingat yang nyetop taksi juga banyak dan pastinya rebutan. Teman saya sudah dapat, dan tinggal saya sendiri. Tapi ternyata, banyak taksi yang menolak ngangkut penumpang jam segitu. Alasannya sih karena mau pulang sekalian. Jadilah saya berkali-kali nyetop dan ditolak lima kali. Tapi akhirnya jam setengah 11 kurang saya bisa dapat taksi dan pulang. Dan meskipun keesokan harinya saya harus bangun pagi-pagi sekali demi melanjutkan tugas sebagai karyawan dengan kaki yang rasanya nggak karuan, saya tetap puas. Bisa refreshing, dapat hiburan dikit. Dan well.. tentunya berharap ke depannya akan lebih banyak konser yang bisa didatangi. That’s pretty much my dream btw.. so yeah, hopefully there would be many more to come.. J

No comments:

Post a Comment