Tuesday, March 26, 2013

Little Things...


There are two things happened today.. Well, several things actually. Maybe many. But the memorable one is only these two.. :p

Dimulai dari niatan ke Kantor Pos untuk maketin barang yang sudah direncanakan dari berbulan-bulan yang lalu. Niat banget dong tentunya, sampai hari Minggu kemarin saya ijin sama bos kalau pagi ini sebelum berangkat mau kantor pos dulu. Dan walaupun mengantongi ijin, ternyata saya malah disuruh bareng temen kantor yang diminta maketin barang ke luar negeri juga. Oke. Mental gratisan saya mulai menimbang-nimbang. Dan akhirnya setelah koordinasi, saya mau barengan. Ngirit ongkos juga sih..hoho

Meskipun sempat dagdigdug karena udah jam 10 lebih nggak berangkat-berangkat juga (saya agak parno kalau belum pasti sama kondisi), akhirnya dijabanin juga itu kantor pos Pasar Minggu (yang gedhe dan lebih deket dari kantor). Sampai sana, udah pede dong ya mau maketin. Langsung deh menghampiri mas-mas petugasnya. Pas ditanya mau ngirim ke mana dan pake service apa, saya jawab (saya maketin pake EMS btw). Dan setelah dikasih formulir buat diisi, masnya nanya apa alamat yang dituju ada nomor telpon-nya. Enggak ada. Dan dari situlah ternyata dramanya dimulai.

Yang namanya proses, memang nggak pernah dimuluskan (kalau buat saya)..
See, saya nggak yakin ini regulasinya dimulai kapan. Tapi setahu saya, beberapa rekan yang pernah mengirimkan hal serupa dengan service yang sama nggak pernah dimintai nomor telpon yang dituju. Saya mencoba berargumen sama masnya sampai-sampai bapak petugas (yang lebih senior) mendatangi saya dan mencoba 'meluruskan' niatan saya yang sudah pingin belok (baca: nekat ngirim tanpa nomor telpon) ke jalan lurus (baca: kalau nekat ngirim tanpa no. telp, sebelum keluar kantor pusat bakal langsung dikembaliin). Bahkan saya sempat merasa "making scene" di sana karena argumen kami yang cukup menggebu-gebu dan diperhatikan banyak orang. Tapi ya mau gimana lagi? Orang saya nggak ada data no. telp sama sekali. Dan saya dalam posisi nggak bisa kepo. Pemikiran "nggak jadi ngirim" rasanya terlalu berat, mengingat perjuangan prosesnya. Dan saya nggak mungkin nyerah gitu aja. Meskipun dalam hati rasanya udah mau nangis. Nyoba ngelobi tetep nggak bisa. Bapaknya berpegang teguh pada pendiriannya. Akhirnya dengan desperate, saya telpon salah satu teman yang kemungkinan bisa ngepo info yang lebih detil.

Sumpah. Nunggu infonya benar-benar bikin perasaan saya nggak karuan. Temen sekantor saya (yang akhirnya nggak jadi ngirim hari itu karena dia juga nggak dapat info no. telpon) sampai saya suruh pulang duluan karena saya keukeuh mau nunggu dapet infonya. Saya nggak akan nyia-nyiain kesempatan maketin yang lumayan susah didapat, apalagi hari-hari ke depan bakalan hectic banget. Saya bahkan sempat nanya sama bapak petugas (yang baik itu) kapan jam istirahatnya. Ternyata nggak ada istirahat, dan bapaknya mempersilahkan kalau saya mau ngendon di sana sampai jam setengah 7 malam (jam bapaknya pulang). Please deh, Pak.. Nggak selama itu juga sih.. -_-
Setelah menunggu berapa lama (sambil sms temen saya tadi yang isinya tulisan depresif semua), saya dapat juga apa yang saya cari. Dengan perasaan bahagia (*tsaaahh~*) saya langsung mengumumkan ke si bapak petugas kalau saya dapat nomor telponnya. Meskipun sebenernya saya juga nggak ngerti itu no. telp siapa. Biarlah~ yang penting paket saya bisa dikirim dan sampai ke alamat tujuan. Masalah telpon-telponan sih urusan pos-nya aja.. :p #eh

Anw, saya pengen ngacungin jempol buat bapak petugas yang saya sebut-sebut tadi. I mean, bapaknya sungguh sangat ramah, baik, dan helpful. Meskipun saya bisa dibilang cukup ngotot dan berusaha nyari celah biar dibolehin, dia bisa melayani dengan sabar, ngasih penjelasan, bahkan mencoba meng-influence saya dengan kejadian/cerita yang dia alami sebelumnya terkait pengiriman blablabla. Beda banget sebenernya attitude bapak ini dengan mas-mas yang pertama kali melayani saya. Si mas lebih jutek. Ngomong satu kalimat, terkesan final. Bahkan nggak ngeliatin saya lagi. Ketus pula jawabannya kalau ditanya. Nah, bapaknya sungguh berbeda. Selain ramah, dia juga bisa baca situasi. Misalnya, waktu saya keliatan bingung dan celingukan nyari orang yang bisa ditanyain (maklum, suasana kantor pos rame banget), sebelum saya manggil petugas, bapaknya sudah nanya ke saya apa ada yang mau ditanyain. There. Dengan reflek saya langsung bilang, "wah, bapak pinter". I know, polos banget ya.. =_= Habis saya seneng sih ada yang perhatian gitu, sadar kalau saya ini banyak nanya (sebagai orang yang cukup kritis dan nggak mau salah, wajar dong ya~).. Dan pas saya laporan sudah dapat nomor yang dimaksud, bapaknya langsung menyelamati saya dan meng-guide secara langsung cara mengisi data (yang lebih detil) karena saya agak bingung ngisinya gimana. Bahkan kami sempat tawar-menawar value barang kiriman yang harus diisi.. XD
Setelah semua beres, baru deh bapaknya meninggalkan urusan ini ke mas yang bertugas nginput data..

See. Little things. But that actually made me happy..
Saya nggak butuh hal-hal spektakuler untuk membuat saya impressed terhadap seseorang. Dan saya akui, bapak ini punya jiwa customer service yang mumpuni.. Kalau saya ng-interview bapaknya jadi CS, saya mungkin akan kasih rekomendasi "High".. *ups*
So, siapapun petugas lainnya yang merasa masih jutek, you need a lot to learn, man.. :/ Pelanggan itu bukan untuk didekte, tapi diberi pengertian dengan cara sebaik-baiknya. Bahkan saya yang ngeyel pun akhirnya bisa puas dan nurut kan meskipun pake pusing-pusing segala?
<- oke. ini kok jadi kemana-mana.. -_-

And that's it. Paket saya sudah dikirim. Dan satu tugas yang saya emban beberapa bulan ini tuntas sudah. Semoga kerja kerasnya berbuah manis.. Dan sekarang rasanya sepi. Sebelumnya, setiap pulang dari kantor selalu ada urge untuk ngerjain "proyek". Bahkan sampai nggak sempat nulis dan ngerjain yang lain. Sekarang, balik dari kantor, sepi. Nggak ada "deadline" lagi.. Rasanya aneh. Kangen malah.. It's pretty weird, you know.. :(


***


Dan di tengah galau kerja (yang berasa nggak ada habisnya), a little thing helped me again.. Just a video. Satu video aja, yang akhirnya bisa membuat suasana hati saya terobati.
Saya pernah nyeritain 2Cellos di sini. Duo cello ini nggak akan pernah bisa membuat saya stop suka sama mereka, baik dari cara main mereka, musiknya, dan juga "inovasi-inovasi" yang mereka lakukan, termasuk sekarang.

Well, check this out...




How could you not fall in love with them?? X)
I mean, please.. Mereka selalu berhasil membuat saya antara kagum sama geli. Ekspresi Stjepan berasa minta ditonjok saking bikin gelinya. Untung Luka masih cool meskipun posenya nggak banget waktu main berdua.. XD
Terakhir kali saya liat mereka bereksperimen, Stjepan main cello sambil lari-lari di antara penonton menggunakan semacam cello belt. Yah, alat yang bisa nahan cello yang diiket ke badan gitu lah. Jadi si cello-nya nggak perlu ditaroh di lantai seperti cara biasa, bisa dibawa kemana-mana sambil dimainin. Sumpah ini orang, udah lari-lari, headbang, heboh lagi.. That's why I love them. And they really deserve compliments!! X)


***


So, I guess today is made by little things. Hal-hal yang tidak diduga teryata bisa membuat saya merasa lebih baik di tengah ruwetnya pikiran.

Maybe they're right, you know? For little things that happened today, when we look back at it in the future, we may realize they're actually big things.. :)

No comments:

Post a Comment