Friday, December 30, 2011

Home Sweet Home.. (Edisi Ngebolang with Bellowers') [part 1]

Tanggal 23 Desember 2011 yang lalu, tepatnya hari Jumat, sudah diniatkan dan disiapkan semua hal untuk bisa menempuh perjalanan pulang ke Jogja via bis. He'em, saya kehabisan tiket kereta (T.T), dan akhirnya harus rela ber-ngebis ria (untungnya bersama dua orang teman kantor yang sama-sama pulang dan senasib).
Perjalanan bis kalau saya bilang, plus minus sih sama perjalanan via kereta api. Kursinya sih emang lebih enak buat tidur, ngelendot, dan lebih nyaman pokoknya (kan empuk juga?) dibandingin kereta yang cenderung lebih lurus (which is nggak nyaman buat tidur) dan lebih keras. Cuma ya itu.. lamanyaaaa... Yang pake kereta perjalanan bisa ditempuh sekitar 7-8 jam, pengalaman naik bis kemaren terhitung 14 jam (dan itu katanya udah cepet). Huaaaaaahh~ Saya mah kalo disuruh milih naik bis mikir lagi deh! Udah gitu saya waktu itu naiknya bis yang ekonomi tanpa AC (gara-gara yang mbeliin nggak suka AC) dan mbak-mbak depan saya marmos banget, sukanya kursinya dilendotin mpe saya mau gerak-gerak aja susahnya minta ampun. Dasar kau mbak.. Awas.. *annoyed*

Anyway, let's skip this bitter-confusing detail trip by bus..
Rencana hari Jumat itu sebelum pulang adalah ngantor (as usual). Kantor kan masih belum libur. Dan lagian saya minta ijin nggak masuknya cuma tanggal 27 doang. Jadilah, persiapan pulang disiapkan sedari malam dan semua peralatan perang (bekal, buku, baju, dll) dibawa ke kantor juga biar bisa berangkat langsung dari sana. Dan masalah datang lagi karena jadwal kantor siang itu adalah makan di luar. Yep! Si bos untuk menyambut pergantian tahun ngajak kami semua makan di luar. Yang agak nggak nguatin adalah fakta bahwa hari itu hari Jumat yang berarti semua karyawan cowok mesti Jumatan dulu, dan setelah Jumatan baru bisa berangkat. Nah, ndilalah yang namanya kebiasaan, pulang Jumatan juga masih santai-santai aja, padahal kan rencana saya pokoknya jam 4 udah harus ada di kantor lagi. Jadilah, rencana keberangkatan jadi jam 1 siang.

Taksi sudah dipesan, tapi kok.. jam 1 lebih taksi yang dateng baru satu, padahal kami pesennya tiga. Buset dah! Mesti nunggu lagi.. Untung saya sama bos dimasukin ke taksi no.1 dan disuruh berangkat bareng sama 3 karyawan lain dan satu anaknya yang katanya tahu tempatnya. Dan yang lain nyusul.
Di jalan (yang macetnya minta ampun, apalagi di jalan tolnya ~namanya juga Jakarta), sempet kabar2an kalo ternyata dua taksi lainnya nggak dateng dan mesti cari taksi secara manual (tambah waduh buat saya). Singkatnya, jam 2-an lebih kami baru nyampe di tujuan.. T.T
Untungnya langsung boleh pesen. Dan dengan senang hati kami berlima (yang pake taksi 1) langsung pesen sambil nunggu yang lain dateng. FYI, tempat makannya sebenernya nggak jauh-jauh amat dari kantor. Sekitar 15 menit kemudian, rombongan ke dua dateng, disusul rombongan ke tiga. Pokoknya intinya, makan-makannya baru selesai sekitar jam setengah 4. Duh, saya langsung stres berat. Gimana ini kalo ketinggalan bis? Mana kan dari Pancoran ke Pasar Minggu (tempat bisnya mangkal) lumayan juga jaraknya. Mana jauh.. Saya yang tadinya cerita dan jerat-jerit sendiri pas makan bareng langsung diem dan dag-dig-dug di dalam hati (takut nggak jadi pulang) ~mpe ditanyain kenapa lho, sama orang-orang.. :p Akhirnya, berbekal kenekatan dan support dari 2 orang teman pulang yang lain, kami minta ijin buat pulang duluan (padahal yang lain masih ngobrol-ngobrol dan santai-santai). Mana kan sempet ditakut-takutin juga kalo di situ antri cari taksinya bakal lama banget! huhuhuhu.. tambah stres deh saya.. :(
Alhamdulillah, akhirnya keluar bisa langsung dapat taksi dan meskipun jalanan lumayan macet, supir taksinya keknya ngerti banget kondisinya dan kami bisa nyampe kantor sekitar jam setengah 5 kurang dikit. Sampe di kantor saya langsung lari ke kamar mandi dan ganti baju, siap-siap pulang. Tapi sayangnya, dua orang teman yang lain jiwanya terlalu nyantai. Saya yang gerak cepat ini diimbangi dengan gerak mereka yang santai dan letoy, dan sempet membuat saya ngerasa gemes dan pengen njitak. Walhasil, dengan kondisi itu, ke terminalnya baru dijabanin jam 5 kurang seperempat. Masih diwarnai kebingungan cari tukang ojek juga.. Jiaaaaaahhh~ Beneran deh.. -______-
Untungnya nggak ketinggalan bis..

Anw, sampai Jogja jam 8 pagi. Pulang-pulang langsung main sama keponakan dan baru tidur pas siang. Padahal saya ada janji mau ngebolang sama temen-temen malamnya.
Yup, di Jogja waktu itu emang lagi ada sekaten (pasar malam). Seru banget deh rasanya bisa ke sana sama temen-temen. Biasanya di tahun-tahun sebelumnya, saya malah jarang banget ke sana (lagi). Disamping bapak-ibu saya udah males, saya juga nggak berjiwa jalan-jalan. Jadinya ya hampir nggak pernah enjoy mau ke sana. Tapi kali ini? Kepulangan saya ada yang nyambut, dan senengnya.. ditunggu-tunggu.