Saturday, December 31, 2011

Introspeksi.. Komparisasi.. Adaptasi.. (Name It! It's All Here..)

Setelah beminggu-minggu pengen banget nonton Mission: Impossible Ghost Protocol, akhirnya kemarin keinginan saya kesampaian juga. Pas di Jogja, keinginan nonton MI harus dibendung karena Sherlock Homes: A Game of Shadow udah keluar dan saya (sama temen-temen) rasanya lebih berat nonton itu dulu.. Akhirnya, balik ke Jakarta, ngidam Tom Cruise-nya baru kesampaian.. Muahahahahahhh! *evil laugh*

Oke. Saya memang ngefan banget banget banget banget sama Tom Cruise.. Auranya tu lho.. Nggak nguatin! Pun film-filmnya juga saya suka.. Anaknya (si Suri) juga.. :p Pokoknya, Tom Cruise adalah om-om keren.. Yeah~ *geje mode: on*
Mari kembali ke topik. Nah, karena saya baru bisa nonton MI sepulang kerja, tentunya bioskop yang diincar adalah yang paling deket sama kantor (dan kos). Hasilnya, pulang kantor jam 5, mesti lari-lari nembus hujan dan berburu tiket demi dapat jadwal nonton jam 6 sore. Setelah ngos-ngosan dan menahan lapar, dapet juga di barisan tengah. Sempet juga habis cari tiket saya mampir ke Gramedia dulu buat cari buku buruan yang belum kebeli.
Anw, ada beberapa poin yang membuat saya bete abis-abisan ketika nonton di situ. Disamping disitanya minuman botol dan roti saya sama Pak Satpam yang herannya ngotot banget nggledah tas saya (padahal banyak banget tas yang nggak digeledah, mentang-mentang saya pake tas punggung.. Dasar!), saya menemukan beberapa hal yang disturbing yang mau nggak mau mesti saya bandingkan sama bioskop di Jogja (Hey, gini-gini saya tetep cinta bioskop Jogja.. T.T). Satu hal yang saya notice tentunya penggeledahannya tadi. Yang mencolok selanjutnya adalah;. di dalem bioskop, sempet-sempetnya ada petugas yang jualan pop-corn sama minuman, ngider! Beneran! Ditawarin aja gitu satu-satu sama pengunjung bioskopnya yang udah duduk stand by di depan layar. Annoying banget nggak sih? Ini bioskop apa kereta?? =.=a
Dan lagi, yang agak mengganggu pas itu adalah fakta bahwa film ini di jadwal tayang Indonesia ratingnya D (di luar ratingnya PG-13 sih..). Tapi rasanya tetep aneh aja liat banyak banget anak SD diajak orang tuanya nonton film ini, even worse saya liat balita sekitar umur 3 tahun digandeng bapaknya naik tangga ke kursi mereka. What the..??

Duh, jujur saya masih nggak habis pikir sama orang tuanya. Mungkin sebagian besar kasus yang terjadi adalah, yang ngebet nonton film ini adalah orang tuanya. Lagian, Tom Cruise kan masuk jajaran aktor yang lumayan jadul.. Mana ada anak SD familiar banget sama film-filmnya Tom Cruise? Padahal banyak banget adegan yang sebaiknya nggak dilihat sama anak-anak, apalagi anak sekecil itu. Memang sih, adegan romance-nya bisa dibilang nggak ada (cuma ciuman satu kali aja), tapi violence-nya itu lhoh.. even nggak ada darah pun, tetep aja yang namanya violence ya violence. Breaking necks, pengeboman, suara-suara tulang patah pas berantem, sampai aksi yang tense-nya tinggi dan memacu adrenalin disajikan. Rasanya agak nggak pas anak kecil disajikan adegan yang seperti itu.
Nah, di sebelah saya, ada anak seumuran kelas 3 SD yang juga nonton. Pertama kali saya duduk di situ, saya udah mbatin, 'buset nih ibuknya, geje tenan ngajak anaknya nonton ginian..'. Dan bener! Si adik itu, di adegan-adegan yang bisa dibilang memacu adrenalin (kayak berantem, kebut-kebutan, dll) mantengin layarnya penuh minat. Tapi pas adegannya berganti dialog panjang yang isinya percakapan berbobot dengan penuh istilah yang saya yakin anak kecil nggak bakalan bisa ngerti (kecuali dia jenius), apa yang adik itu lakukan? Dia mengeluarkan BlackBerry dari sakunya, sodara-sodara.. Yep! Bener! Dia punya BB!! BB!! His own BB!! Rasanya saya pengen banget nangis! Nangis karena melihat betapa tidak bertanggungjawabnya orang tuanya.. *sigh*
See, BB yang di luar negeri dikategorikan sebagai smart phone yang sering dipake businessman dan identik dengan device untuk bisnis, ternyata di sini anak kecil aja udah punya BB. Beneran deh! Saya jadi semakin anti sama BB (doa colongan: semoga saya tidak harus melalui tahap beli dan punya BB suatu hari nanti, kecuali dikasih.. :p).

Masih ada satu hal yang annoying lagi. Tapi ini lebih ke personal sih..
Nah, ceritanya,, penonton yang duduk di depan saya itu, seorang mbak-mbak yang awalnya-biasa-aja-tapi-ujung-ujungnya-nyebelin-bukan-main, adalah mbak-mbak yang sumpah ketawanya sangat-sangat lepas dan tidak bisa menahan keinginan sotoy-nya menjadi komentar tidak berbobot dan akhirnya mengganggu kenyamanan orang lain. Di tengah-tengah adegan lucu, dia yang ketawanya paling keras. Setelah momen itu, sepertinya dia malah nggak segan-segan mengeluarkan komentar setiap kali ada plot yang membuat penonton menebak-nebak. Sumpah rasanya pengen saya bungkem mulutnya. Saya yang terbiasa nonton film dengan tenang, langsung merasa kenyamanan saya ternodai gara-gara ini. Even saya pun kalo komentar ke temen sebelah juga pakenya bisik-bisik. Eh, ini.. di loudspeaker.. full volume lagi.. *damnyou!* Saat itu saya langsung berdoa someday bisa bikin home theater sendiri.. (Amiin)

Yah, bagaimanapun, adalah hal yang lumrah untuk membandingkan sesuatu yang mirip di tempat yang berbeda. Kayak saya ini, sebagai pendatang baru di Jakarta, adaaaaa aja yang saya liat dan saya bandingkan dengan Jogja. Entah harga barang-barang atau makanannya lah, kondisi jalan lah, apa lah.. Dan di bioskop kemaren, rasanya saya pengen nangis balik ke bioskop serupa yang di Jogja. Tentunya hal ini hasil dari perbandingan; nggak ada "pedagang asongan"nya lah.. kursi yang di jogja lebih nyaman lah.. lebih enak liat nomer kursinya lah.. setting jalan masuknya lah.. kapasitasnya.. even space antara satu kursi dengan kursi belakangnya juga lebih luas..

Intinya, memang sepertinya tersiksa banget kalau kenyamanan yang sudah biasa saya dapatkan tiba-tiba harus lenyap dan tergantikan dengan sesuatu yang menurut saya kurang nyaman. Tapi tetep, someday saya harus terbiasa. Saya harus menerima apa adanya. Mungkin sekali kompensasi hal negatif ini akan terbayar dengan hal lain yang lebih bagus dan belum pernah saya rasakan.
Tapi tetep.. semua orang harus bersabar dengan adaptasi. Mungkin memang annoying buat orang lain ketika kita selalu berkomentar negatif dan membandingkan sesuatu (saya juga pasti bikin annoyed teman nonton saya hari itu). Tapi saya yakin, ada saatnya semuanya akan hilang. Dan itu yang coba saya lakukan. Meanwhile, nggak ada salahnya kan sebelum semuanya menghilang, saya abadikan dulu dalam tulisan?? :)

No comments:

Post a Comment