Monday, October 31, 2011

Jakarta Membawa Cerita

Klise banget ya judulnya? Saya merasa seperti orang kampung yang baru pertama kalinya ke Jakarta mengadu nasib. Well, agak bener sih. Mengadu nasibnya nggak sedramatis itu tapi. Dan meskipun ini bukan pertama kalinya, terakhir kali saya ke Jakarta sudah bertahun-tahun yang lalu. Saking parahnya, saya nggak inget rumah saudara saya di sana kayak apa. Habisnya, terakhir kali saya ke tempat Om saya, saya masih bayi. Nguk! Pathethic bener.. -___-

Anw, saya ke Jakarta memang punya misi. Di saat temen-temen saya yang lain sudah pada hijrah ke sana, ato pahit-pahitnya udah pada bolak-balik Jakarta-Jogja karena bermacam-macam kegiatan mencari kerja (baca: job interview, job fair, dll), saya baru kali ini di-summon ke sana buat tes. Alhasil, saya bener-bener baru ngerasain repotnya pergi ke sana kemari dengan mikrolet, ruwetnya lalu lintas di sana yang sumpah membuat acara pergi-pergi selalu lama di jalan gara-gara macet, ato masalah klise seperti polusi dan panas yang notabene di Jogja pun sebenarnya kondisinya sebelas-dua belas, tapi entah kenapa rasanya lebih gimanaa gitu.

Berangkat hari Selasa malam dan sampai Rabu pagi, saya merasa sudah siap perang. Baju yang kiranya pas dipakai buat job interview sudah disiapkan. Sepatu, sudah dipak. Alat tulis dan segala macemnya, udah siap. Tinggal mental pokoknya. Finally, misi saya adalah, jalani sebaik-baiknya, dan pasrah. Sekitar 8 jam di kereta saya lewatkan dengan kondisi nggak bisa tidur. Saya yang termasuk golongan kalong ini jadwal tidurnya memang kebalik. Dalam kondisi kereta yang sepi (penumpang udah pada tidur semua) plus nggak bisa liat pemandangan dari jendela (habis gelap semua), saya malah celingak-celinguk bingung cari kegiatan gara-gara mata saya nggak bisa merem. Dan sesampainya di Jakarta, saya langsung ngerasain yang namanya bajaj. Terinspirasi dari cerita-cerita banyak orang tentang bajaj, terlepas dari berisiknya itu kendaraan, saya penasaran juga. Raditya Dika kan katanya juga suka naik bajaj ya.. :p Hasilnya, saya malah agak trauma. Sopir bajajnya maniak. (=.=)

Hal yang saya sadari pertama kali sampai Jakarta (selain ruwetnya lalu lintas) adalah hawanya panas. Sesampainya di rumah Om saya, kipas bertebaran di mana-mana. Hampir di setiap kamar ada kipas angin. Dan hampir setiap saat kipas anginnya nyala. Pokoknya, di mana pun ada orang, kipas angin yang ada di sana pasti nyala. Hmm..

Sebenernya, yang paling nggak bisa dilupakan adalah pertama kalinya saya ke kantor yang posisinya saya lamar itu, yang ceritanya juga jadi tempat saya di tes. Eh, ternyata, Om saya bilang lebih enak saya naik mikrolet ke sana. Angkot memang sepertinya jadi favorit keluarga Om saya kalau ke mana-mana. Om saya yang di rumah punya mobil dan vespa, lebih milih naik angkot ke kantor. Sepupu saya juga. Dan saya merasa ritme hidup di sana lebih gimanaa gitu. Bangun lebih pagi, sarapan lebih pagi, berangkat lebih pagi. Kenapa? Yang jelas menghindari macet. Pulangnya juga. Lebih malem, perjalanannya lebih lama, makan malem juga jadinya lebih malem. Kenapa? Macet juga. Dan akhirnya sampai rumah pun kondisi badan udah capek. Nggak jarang kok sepupu saya pulang-pulang langsung tepar.
Eh, sampai mana tadi? Oh iya, intinya adalah, ke tempat tujuan, saya harus naik tiga angkot. Lebih spesifiknya, tiga mikrolet. Padahal hitungannya, dari rumah Om saya ke tempat tes cuma deket. Pun saya harus berangkat pagi-pagi biar nggak telat. Hasilnya, dua kali bolak-balik (survey tempat dan tes beneran) saya kadang masih bingung ini habis ini jalan ke mana, berhenti di mana, ancer-ancer jalannya di mana, bla bla bla. Waow.. That's really something.

Selain buat tes, niatan ke Jakarta juga buat maen sih.. Dan meskipun kata liburan nggak tepat karena orang rumah pada kerja semua, saya nemu mainan baru yang sangat bisa diajak refreshing. Kitty! Yak, Om saya ternyata punya kucing blasteran anggora-kampung lucu yang buntutnya panjang dan mukanya cakep. Meskipun namanya Kitty, kucingnya cowok lho. Dan ternyata dia considered as a coward cat. He'em, Tante saya pun bilang Kitty itu kucing pengecut. Udah kalahan sama kucing laen, bawaannya parnoan, manja lagi. XD Tapi lucu sih.. Jadi saya seneng aja maen sama dia. Saking enjoy-nya saya maen dan ngelus-ngelus dia tiap hari, berasa beraaaaaat banget pas mau pulang. Rasanya pengen culik dia terus dibawa ke Jogja. :D


Si Kitty muka bantal.. 

Kucing ini beneran suka heng-ot di depan kamar mandi

Pose "kucing-mati-ketabrak-di-pinggir-jalan"


Di Jakarta, saya punya dua Om yang tinggal di sana. Dan rumahnya deketan pula (meskipun setelah dipikir-pikir rasanya jauh juga). Ke rumah Om yang satu lagi ini, saya tambah berasa jadi alien. Sama sepupu saya aja sebenernya nggak terlalu deket. Udah jarang ketemu, jarang ngobrol, temen fesbuk juga bukan, bahkan beberapa bisa dibilang nggak kenal sama sekali. Ugh~
Cuma yang namanya sodara, harus tetep komunikasi juga. Eh, saya akhirnya malah ketemu ponakan. Umurnya 4 tahun, cewek, lucu banget, dan pinter. Dan yang paling saya suka dari dia adalah, dia gampang deket dan hafal sama orang baru. Baru beberapa menit saya ketemu sama dia, dia udah mau maeeen aja sama saya. Nempel, ngajak mainan macem-macem, bahkan maen sama temen-temen buaya imajinasinya dia pun saya jabanin. Thrilled. Kurang apa coba? XD

Dan akhirnya, hari Sabtu pagi, saya mesti balik ke Jogja. But hey, sebentar lagi saya juga balik lagi ke sana. ;) Hasil tesnya sih katanya saya keterima (merasa nggak sia-sia ngejalanin tes dari pagi sampe malem seharian). Dan otomatis beberapa hari ke depan, saya bakal riweuh nyiapin segala tetek-bengek buat kos, dll. Satu hal yang pasti, saat saya balik ke sana nanti, saya harus SIAP GILA!!! *Maafkan aku, Jakarta. Karena akan jadi pendatang baru yang (kembali) menambah ramainya ibukota*

Teman di perjalanan pulang..

No comments:

Post a Comment